10 Manfaat dan Fungsi Kunyit Untuk Kesehatan Kulit

Stres, polusi, dan kebiasaan makan yang buruk, memiliki pengaruh yang buruk buat kesehatan kulit ataupun wajah Anda, akibatnya jerawat, noda-noda, penuaan kulit pun jerjadi. Untuk menanganinya kita sering menggunakan produk kencantikan komersial, atau makeup yang berlebihan untuk menyembunyikan noda-noda pada kulit wajah.

Tetapi produk kecantikan hanya memberikan kecantikan pada luar saja dan sementara. Ingin kulit putih alami, baca artikel "9 Cara Alami Memutihkan Kulit". Untuk mendapatkan kulit cantik alami, kita dapat mengunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan kulit kita. Salah satu bahan alami tersebut adalah kunyit, kunyit ternyata sangat berguna untuk kesehatan kulit, dan bukan hanya sebagai bumbu masakan saja, berikut ini manfaat kunyi buat kulit.
  1. Jerawat: Jerawat adalah masalah umum yang sering dihadapi. Bakteri dan kotoran yang tersumbat dalam pori-pori kulit, dan akhirnya menjadi jerawat. Kunyit membantu menyembuhkan jerawat dan membantu menjaga Kulit tetap bersih. Kunyit juga mengontrol produksi sebum.
  2. Pigmentasi: perubahan hormonal, terlalu lama terkena paparan sinar matahari, dan produksi melanin terlalu banyak, adalah beberapa alasan yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Penggunaan kunyit secara konsisten dapat membantu mengurangi pigmentasi.
  3. Memar: Anak-anak lebih rentan terhadap memar dan luka kecil. Penggunaan bubuk kunyit pada luka ringan dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  4. Kulit Cerah: Pengunaan kunyit secara teratur dapat mencerahkan warna kulit, dan membuat wajah tampak bercahaya.
  5. Bekas Luka bakar: Kunyit juga membantu dalam penyembuhan bekas luka bakar. Penggunaan teratur akan mungurangi bekas luka bakar Anda.
  6. Stretch Marks atau guratan: Stretch mark tentu saja mengganggu penampilan, terutama pada ibu-ibu muda. Penerapan kunyit segar pada stretch mark akan membantu meringankan stretch mark hingga batas tertentu.
  7. Melembabkan: Kunyit merupakan bahan yang sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Campuran kunyit dengan susu dapat melembabkan kulit kering.
  8. kulit sedikit bulu: Pijatan ringan kunyit dicampur dengan krim susu pada kulit membantu mengurangi rambut pada kulit.
  9. Penyakit kulit: Gunakanlah kunyit secara teratur, maka dapat membantu melawan penyakit kulit serius seperti psoriasis, eksim, ruam merah pada kulit, dan tanda akibat cacar air.
  10. Penuaan kulit: Kunyit membantu menunda penuaan kulit, antioksidan dalam kunyit memainkan peran penting dalam mengatasi penuaan kulit.
Cara Menggunakan kunyit untuk kesehatan kulit
Ada banyak metode penggunaan kunyit untuk kulit. Pertama, Anda bisa mencampurkan kunyit dengan susu. Caranya, tambahkan satu sendok teh gula dan kunyit dalam susu panas, aduk, kemudian minum. Minum setiap hari.

Untuk penggunaanya pada kulit, Anda dapat membuat pasta kunyit dan biarkan selama 10 menit pada wajah anda. Gosok wajah dengan lembut dan bilas dengan air. Maka Anda akan mendapatkan kulit kenyal dan lembut. Untuk kulit kering, gunakan prosedur yang sama, tetapi campurkan kunyit dengan susu pelembab. Untuk menghilangkan luka bakar matahari, gunakan prosedur yang sama. Pada luka segar dan memar gunakan bubuk kunyit kering untuk penyembuhan lebih cepat. Selain kunyit, ternyata pepaya sangat baik untuk perawatan kulit, baca artikel "6 Manfaat Kesehatan Pepaya untuk Perawatan Kulit"