Perbedaan Probiotik dan Prebiotik, Serta Manfaatnya

Tubuh manusia merupakan rumah bagi sejumlah besar mikroorganisme. Beberapa organisme dapat menguntungkan dan lainnya menyebabkan kerusakan pada tubuh. Bakteri probiotik adalah spesies bakteri menguntungkan yang berada dalam usus manusia dan membantu fungsi pencernaan dan fungsi-fungsi lainnya. Bakteri ini secara alami ada dalam saluran usus dan berkembang di sana dan bersaing dengan spesies bakteri lainnya.
Terkadang, populasi bakteri ini habis karena beberapa alasan. Pada saat seperti itu, prebiotik dapat membantu dalam memulihkan bakteri probiotik.

Perbedaan Antara Probiotik dan Prebiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang berasal dari tumbuhan. Mereka pada dasarnya adalah ganggang. Bakteri probiotik hadir di usus sejak manusia lahir. Bakteri ini terus menerus mengalahkan mikroba lain dalam tubuh, dan hal ini dapat dapat mengancam populasinya. Selain itu, pengobatan antibiotik dapat membunuh semua bakteri dalam tubuh Anda, termasuk bakteri probiotik. Bila itu terjadi, Anda mungkin perlu mengkonsumsi suplemen probiotik. Beberapa bakteri probiotik seperti Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium, dll, dapat kita dapatkan dari beberapa sumber makanan, seperti yogurt, keju, susu, dll.

Prebiotik merupakan karbohidrat dari jenis ' fructo -oligosakarida '. Pada dasarnya Prebiotik adalah molekul gula rantai pendek, yang mengandung fruktosa. Prebiotik adalah serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh dan menjadi makanan untuk probiotik. Sebagai molekul-molekul gula yang tidak dapat dipecah, mereka langsung ke perut, di mana probiotik dapat memakannya. Asparagus, bawang putih, bawang, buah, pisang, tomat, bayam, kangkung, lobak, sawi, kacang, biji-bijian, gandum adalah beberapa sumber dari prebiotik.
Setiap kali Bakteri Probiotik berkurang, tubuh menjadi rentan terhadap berbagai penyakit dan infeksi seperti infeksi jamur, Anda juga mungkin mengalami kondisi seperti sindrom iritasi usus atau rheumatoid arthritis. Beberapa manfaat kesehatan umum dari probiotik:
  • Mengobati diare
  • Mengobati Sindrom Iritasi Usus
  • Mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih
  • Mengurangi kemungkinan kanker kandung kemih
  • Memperpendek durasi infeksi usus
  • Mencegah dan mengendalikan eksim anak
  • Mengobati kondisi peradangan yang disebut pouchitis
Prebiotik menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat bagi bakteri berbahaya dalam usus, sehingga meningkatkan pertumbuhan yang menguntungkan. Prebiotik memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mengurangi kejadian infeksi. Mereka juga membantu dalam penyerapan kalsium dan magnesium yang lebih baik dalam tubuh. Selain itu, mereka juga mengurangi risiko terkena kanker usus dan kanker dubur.
Jadi, probiotik dan prebiotik sangat penting untuk menjaga keseimbangan bakteri menguntungkan dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya probiotik dan prebiotik.

0 Response to "Perbedaan Probiotik dan Prebiotik, Serta Manfaatnya"

Post a Comment

Jangan cuma dibaca doang, berikan komentar juga :)