7 Khasiat dan Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan


Gambar buah markisa
Tubuh kita sangat membutuhkan asupan vitamin. Karena tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin, maka kita dapat memperolehnya dari buah-buahan. Passiflora edulis atau yang dikenal dengan nama buah markisa sejatinya adalah buah asli dari Amerika Selatan, biasanya kulit dari buah ini berwarna ungu gelap atau kuning cerah, dan rasanya sangat unik dan menyegarkan.
 
Buah markisa sering dibuat sebagai jus atau sering dicampurkan pada minuman-minuman buah lainnya agar rasa minuman semakin menarik. Ada juga yang membuat selai dari buah markisa. Buah markisa mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, Berikut ini 7 khasiat dan manfaat buah markisa bagi kesehatan :

Buah Markisa Kaya akan Serat: Buah markisa mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Biji dari buah ini pun bisa dimakan karena mengandung serat. Jadi bagi Anda yang saat ini sedang mengalami sembelit, Anda dapat mengkonsumsi buah markisa sebagai pencahar ringan.

Buah Markisa Kaya Antioksidan: Cobalah Anda lihat warna kulit markisa yang mencolok khas buah-buah yang kaya antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah ini adalah beta-karoten.

Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Asma: Bagi Anda penderita asma, markisa adalah buah yang dapat menenangkan serangan asma. Selain mengandung vitamin C, buah markisa juga memiliki efek yang memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

Buah Markisa Memiliki Efek Relaksasi: Setelah penat seharian di kantor dan menjalankan berbagai rutinitas lainnya, cobalah Anda minum segelas jus markisa dingin. Jus markisa dapat membuat saraf-saraf dan pikiran Anda menjadi lebih tenang dan rileks.

Buah Markisa Sangat Baik Bagi Penderita Insomia: Ini kabar baik bagi Anda yang sering mengalami Insomia. Buah Markisa ternyata membuat efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan menjadi lebih tenang dan rileks. Jadi tidak ada salahnya malam ini Anda mencoba segelas jus markisa sebelum pergi tidur.

Buah Markisa adalah Sumber Nutrisi yang Baik: Seperti yang dijelaskan oleh paragraf sebelumnya, buah markisa adalah sumber vitamin C yang baik, Satu porsi buah markisa 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C adalah vitamin antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Satu porsi 100 g buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan penglihatan mata kita dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat dan cerah dan membantu pertumbuhan sel. Buah markisa juga mengandung kalium, ada sekitar 348 mg dalam 100 g. Kalium adalah mineral yang sangat baik untuk kesehatan jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, buah markisa juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium.

Buah Markisa sangat baik Dikonsumsi Orang yang Sedang Diet: Anda sedang diet? maka buah-buah merupakan hal yang wajib Anda konsumsi, dan bisa memilih markisa untuk diet Anda. Kenapa? Karena markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisa juga rendah sodium dan lemak. Buah markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi dalam buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang.

Itu tadi manfaat-manfaat kesehatan yang bisa didapat dari buah markisa, Anda bisa memulai untuk mengkonsumsi buah markisa sebagai sumber nutrisi dengan cara mencampurkannya dengan bahan makanan lain atau mengkonsumsinya secara langsung.

+Fael Christian
+Fakta Kesehatan 


37 Responses to "7 Khasiat dan Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan"

keluarga ale said...

nice inpo gan!!!!!

Velo said...

thanks gan ^^

Tahitian Noni Juice Jakarta said...

makasih banyak infonya ya... :)

Velo said...

@ Tahitian Noni Juice Jakarta: sama-sama ^_^

dwi ma said...

Asem. Tp enak. Sip

Velo said...

@dwi ma: he..he..he..he, mantap

Tips Kesehatan said...

kayanya pernah denger deh buah markisa yang dijadikan obat (dalam bentuk minuman) gitu, lupa lagi namanya apa

Velo said...

@Tips Kesehatan: jus markisa ngak bro namanya, heheheehehe

Anonymous said...

asyik, dirumahku ada tanamannya lho dan sedang berbunga, berarti aq bersyukur sdh nanam. trims ya.

Velo said...

@Anonim: Hhehehe, sama-sama

markumi said...

kalo manfaat kulitnya ada gak?

Anonymous said...

Kini baru ku tahu.... Buah Markisa banyak terdapat di daerah Solok Sumatra Barat, rasa asam manis, langsung dikonsumsi tanpa tambahan apapun..... Segaaaaaaarrrrrrrrrrr?

Velo said...

@markumi kurang tau juga gan, kalo dapat infonya, pasti di share deh ^_^

@Anonim: oke deh, thanks atas infonya

Anonymous said...

Keren...saya banyak ada buah markisa di pagar, tapi semua jatuh tak pernah satupun dimakan :))

Velo said...

wah, sayang sekali bro, dimanfaatkan dong bro.

Murah juliana said...

Thanks bgt ilmu'a :D

Velo said...

Sama-sama ^_^

koki masakan said...

thanks infonya :)

Velo said...

Sama-sama ^_^

Anonymous said...

pertama kenal markisa di LN,org sana bilangnya ini buah exotis,coba beli 1 bj hrgnya 2,99DM/bj makan rasanya enaklah.Eh setelah pulang kampung ...
banjir di pasar buah langsung belinya 1kg :-)
sekarang sudah jenuh

Anonymous said...

dirumahku sudah tradisi lebih dari 5 tahun nanam buah ini, gak ada ruginya bila bisa merawatnya, bahkan sangat menguntungkan, dan gak pernah bosan, gut.

artikelku said...

Makasih infonya Mas, kebetulan tempatsaya banyak bgt markisa jadi pingin tau manfaat bagi kesehatan

Fael Christian said...

Sama-sama mas ^_^

nur qomariyah said...

asyik ak udah tanam markisa dan sdh berbuah,skrg tinggal menikmati hmmm...

obat sipilis tradisional said...

selain eank juga sehat....

jatenpos said...

terimakasih informasinya :)

Fael Christian said...

sama-sama gan ^_^

Anonymous said...

cara tanamya bgymn yak??

M.ROSADI DIDI said...

TERIMA KASIH INFONYA : AYE LAGI TANAM POHONNYA MERAMBAT BENER LEBAT DAN ALHAMDULILLAH UDAH BANYAK BERBUAH TAPI MASIH PADA HIJAU WARNANYA BELUM MATANG....

M.ROSADI DIDI said...

Cara tanamnya mudah koh.... ambil biji dari buah yang sudah masak lalu ambil gelas aqua bekas yang ukuran gelas loh... lalu isi tanah merah gelas plastik aqua dan masukin aja biji dari buah markisa tsb kedalam glass aqu (ditabur 3s/d 5 biji) diamkan jangan terlalu kena sinar matahari langsung, dan setelah tumbuh batang dan daunnya tingginya sekitar 15 s/d 20cm lalu pindahkan ke tanah halaman bebas rajin di siram aja.... mudah ko... eke pernah praktekin... sekarang alhamdulillah sudah lebat.... masya Allah ampe rumah aye ketutupan ame dedaunan markisa, Begitu mas Anonim.... yah....

Poppy Home Shopping said...

Aku baru tau klo markisa dapat digunakan utk org asma juga.. Aku penderita asma, dl aku suka sekali markisa, tp sejak aku dibilangin oleh bbrp orng klo markisa itu makanannya ular, aku ga berani lg utk konsumsi markisa.. Tnyta dia berguna utk orng spt aku.....
Thanks infonya ya..

Fael Christian said...

Sama-sama bro ^_^, wah kalo matang bisa bagi-bagi nih hehhe

Fael Christian said...

Ular kan karnivora sist masak sih makan buah-buahan, heeheeh :p, thanks udah berkunjung

Didik said...

belum lama ini markisaku ada yg matang, n setelah dicoba campur 1/2 gelas air matang + 4 sendok teh gula + 2 es batu, rasanya suegeeerr.... jadi ketagihan. mlm2 pun pgn minum markisa.. bnr2 pelepas dahaga, n setelah itu rasanya badan jadi rileks..

Fael Christian said...

Hehehe, jadi pengen coba deh gan, bisa dicoba nih resepnya ^_^

ingin hidup sehat said...

wwah, terimakasih banyak mas artikelnya bagus.

siti moetiah said...

thanks gan, semoga lebih suka dengan buah markisa ya? hehe