7 Khasiat dan Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Gambar buah markisa
Tubuh kita sangat membutuhkan asupan vitamin. Karena tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin, maka kita dapat memperolehnya dari buah-buahan. Passiflora edulis atau yang dikenal dengan nama buah markisa sejatinya adalah buah asli dari Amerika Selatan, biasanya kulit dari buah ini berwarna ungu gelap atau kuning cerah, dan rasanya sangat unik dan menyegarkan.
 
Buah markisa sering dibuat sebagai jus atau sering dicampurkan pada minuman-minuman buah lainnya agar rasa minuman semakin menarik. Ada juga yang membuat selai dari buah markisa. Buah markisa mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, Berikut ini 7 khasiat dan manfaat buah markisa bagi kesehatan :

Buah Markisa Kaya akan Serat: Buah markisa mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Biji dari buah ini pun bisa dimakan karena mengandung serat. Jadi bagi Anda yang saat ini sedang mengalami sembelit, Anda dapat mengkonsumsi buah markisa sebagai pencahar ringan.

Buah Markisa Kaya Antioksidan: Cobalah Anda lihat warna kulit markisa yang mencolok khas buah-buah yang kaya antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah ini adalah beta-karoten.

Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Asma: Bagi Anda penderita asma, markisa adalah buah yang dapat menenangkan serangan asma. Selain mengandung vitamin C, buah markisa juga memiliki efek yang memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

Buah Markisa Memiliki Efek Relaksasi: Setelah penat seharian di kantor dan menjalankan berbagai rutinitas lainnya, cobalah Anda minum segelas jus markisa dingin. Jus markisa dapat membuat saraf-saraf dan pikiran Anda menjadi lebih tenang dan rileks.

Buah Markisa Sangat Baik Bagi Penderita Insomia: Ini kabar baik bagi Anda yang sering mengalami Insomia. Buah Markisa ternyata membuat efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan menjadi lebih tenang dan rileks. Jadi tidak ada salahnya malam ini Anda mencoba segelas jus markisa sebelum pergi tidur.

Buah Markisa adalah Sumber Nutrisi yang Baik: Seperti yang dijelaskan oleh paragraf sebelumnya, buah markisa adalah sumber vitamin C yang baik, Satu porsi buah markisa 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C adalah vitamin antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Satu porsi 100 g buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan penglihatan mata kita dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat dan cerah dan membantu pertumbuhan sel. Buah markisa juga mengandung kalium, ada sekitar 348 mg dalam 100 g. Kalium adalah mineral yang sangat baik untuk kesehatan jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, buah markisa juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium.

Buah Markisa sangat baik Dikonsumsi Orang yang Sedang Diet: Anda sedang diet? maka buah-buah merupakan hal yang wajib Anda konsumsi, dan bisa memilih markisa untuk diet Anda. Kenapa? Karena markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g! Buah markisa juga rendah sodium dan lemak. Buah markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi dalam buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang.

Itu tadi manfaat-manfaat kesehatan yang bisa didapat dari buah markisa, Anda bisa memulai untuk mengkonsumsi buah markisa sebagai sumber nutrisi dengan cara mencampurkannya dengan bahan makanan lain atau mengkonsumsinya secara langsung.

+Fael Christian
+Fakta Kesehatan