10 Manfaat Buah Delima Untuk kesehatan Tubuh

Buah delima atau dikenal dengan nama latin Punica granatum, adalah buah berbentuk bulat dengan biji berwarna merah. Buah delima ini merupakan buah asli Asia Tenggara yang menjadi populer di seluruh dunia karena memiliki kandungan gizi yang baik.

Meskipun kebanyakan buah ini berwarna merah, tetapi ada juga yang berwarna kuning. Delima memiliki sekitar 750 spesies yang bisa makan dan di jus. Buah ini juga dikenal sebagai buah super karena sarat akan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh.

Ada berbagai manfaat kesehatan dari buah delima, salah satunya adalah sumber antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Memperbaiki sel-sel yang rusak. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima untuk kesehatan:
  1. Salah satu manfaat penting buah delima adalah buah ini merupakan sumber nutrisi yang banyak seperti kalsium, kalium, fosfor, vitamin C, B kompleks dan K, asam folat, zat besi, protein, dll. Buah ini juga kaya akan serat makanan, seng, magnesium dan karbohidrat.
  2. Manfaat utama buah delima adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.
  3. Jus buah delima juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Jus ini dapat mengurangi gejala diare dan meredakan nyeri yang disebabkan karena diare. Tapi jangan dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan sembelit.
  4. Jus buah delima sangat baik untuk tekanan darah. Jus ini baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jus buah delima juga mencegah pembekuan darah dan pengerasan arteri. Asupan teratur akan menjaga dari serangan jantung dan stroke.
  5. Memijat gigi dan gusi dengan minyak biji delima bermanfaat untuk mencegah penyakit gigi dan gusi seperti karies gigi, plak dan radang gusi. Karena buah delima kaya akan vitamin C, maka dapat mencegah gejala dan terjadinya penyakit kudis seperti gusi berdarah dan gigi longgar.
  6. Anda memiliki masalah bau mulut dan masalah gigi lainnya, itu bukan masalah, karena mengkonsumsi jus delima setiap hari dapat meningkatkan kesehatan gigi, mengusir plak gigi, karang gigi, sakit gigi, dll.
  7. Buah delima membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan memicu produksi kolesterol baik.
  8. Salah satu manfaat utama bagi perempuan adalah buah ini mempertahankan tingkat estrogen dalam tubuh. Hal ini membantu dalam memerangi tanda-tanda PMS dan masalah menopause.
  9. Buah delima juga memiliki efek positif pada kulit (jika dikonsumsi secara teratur), karena buah ini memiliki sifat anti penuaan dan baik untuk mengurangi keriput, kulit kendor dan kusam. Menerapkan jus langsung ke kulit atau mencampurnya dengan pelembab akan membuat kulit menjadi segar dan sehat.
  10. Biji buah delima juga efektif dalam mencegah kanker. Kaya akan phytochemical, juga disebut sebagai polifenol (anthocyanin, quercetin dan tanin), kandungan ini memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.
Itu tadi beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari buah delima. Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap buah delima, akan tetapi hal ini sangat jarang terjadi. Semoga tips kesehatan tentang manfaat buah delima ini bermanfaat.